Langkah Mudah untuk Menyiapkan Pangek Ikan Tongkol, Enak

Pangek Ikan Tongkol

Lagi mencari inspirasi Resep Pangek Ikan Tongkol, Lezat Sekali yang unik?, Resep Pangek Ikan Tongkol Anti Gagal memang akhir-akhir ini sedang banyak dicari oleh sebagian orang disekitar kita mungkin salah satunya Anda. orang-orang memang sudah terbiasa mamnfaatkan internet di HP untuk mendapatkan informasi gambar untuk dijadikan inspirasi. dan kali ini saya akan berbagi langkah-langkah cara memasak Resep Pangek Ikan Tongkol, Lezat untuk membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal Pangek Ikan Tongkol yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Pangek Ikan Tongkol, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan Pangek Ikan Tongkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa. Berikutnya merupakan gambar berkaitan dengan Pangek Ikan Tongkol yang dapat Anda jadikan ide.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Pangek Ikan Tongkol adalah 5 - 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk tambahan, waktu yang diperlukan dalam memasak Pangek Ikan Tongkol diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pangek Ikan Tongkol sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Pangek Ikan Tongkol memakai 19 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Ini masakan yang sering banget dibuatin alm.mamah, masakan dari minang, diajarin sama alm nenek saya, mertuanya mamah, saya ndak punya resepnya, tapi cari-cari di cookpad dan google banyak yang punya resepnya, akhirnya saya modifikasi sesuai rasa yang saya ingat, mnrt saya beneran mirip, hihihi, mnrt ayah saya juga, alhamdulillah :)

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pangek Ikan Tongkol:

  1. 1 Kg ikan tongkol (potong jadi beberapa bagian, uk sedang saja)
  2. 200-250 gr kacang panjang
  3. 1-2 bh jeruk nipis
  4. 1 liter santan kelapa
  5. Bumbu Halus
  6. 20 btr bawang merah
  7. 12 siung bawang putih
  8. 4 sendok cabai halus (sesuai selera)
  9. 3 cm kunyit
  10. 2 cm jahe
  11. 2 cm lengkuas
  12. 5 butir kemiri
  13. Bahan daun2an
  14. 2 lembar daun kunyit
  15. 2 lembar daun ruku ruku (saya gak pake)
  16. 4 lembar daun salam
  17. 2 batang sereh digeprek
  18. 5 lembar daun jeruk
  19. 4 bh asam kandis

Langkah-langkah membuat Pangek Ikan Tongkol

  1. Marinasi ikan tongkol dengan garam dan jeruk nipis, kalau saya semalaman di freezer, besoknya baru dikeluarkan, setelah suhu ruang saya cuci lagi, jika habis beli langsung mau dimasak marinasi sekitar 30 menit.
  2. Susun daun2an,sereh, kacang panjang dan ikan tongkol didasar wajan/teflon, jangan lupa ikan diberi garam 1 sdt. (Karena tadi saya sudah cuci ikannya)
  3. Haluskan bumbu, campurkan kedalam santan, kemudian campurkan ke wajan yang ada ikannya.
  4. Masak ikan tongkol dengan api sedang dan wajan dalam keadaan ditutup.
  5. Masak hingga bumbu mengental dan meresap, kalau saya masak agak lama, karena saya suka pangek yang kering, jika bunda2 mau berkuah, sampe mengental dan berminyak aja, sesuai selera ya...yummyy makan pake nasi anget.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan Pangek Ikan Tongkol yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel